Responsive Ads Here

Sunday, September 24, 2017

Pengertian Brainware dan Jenis - Jenisnya

Dalam artikel saya sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian dan jenis - jenis dari Hardware (Perangkat Keras) dan Software (Perangkat Lunak). Kali ini saya akan membahas tentang pengertian Brainware dan Jenis - Jenisnya.

gambar via google



PENGERTIAN

Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam penggunaan komputer.
Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan kemampuan dari hardware ataupun software. Brainware sangat penting dalam pemrosesan sistem komputer karena tanpa adanya brainware, hardware dan software komputer tidak akan bekerja atau dimanfaatkan secara maksimal.

JENIS - JENIS BRAINWARE

Jenis - jenis Brainware atau pengguna adalah sebagai berikut :

1. Operator Komputer
Operator Komputer adalah seorang yang bertanggung jawab sebagai pengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang telah ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh programmer.

2. Programmer
Programmer adalah seorang yang mampu membuat suatu program atau aplikasi dengan menggunakan bahasa programmer.

3. Administrator
Administrator adalah seorang yang tugas utamanya sebagai pengelola aplikasi yang telah di buat oleh programmer agar aplikasi tersebut bisa digunakan oleh pengguna akhir dengan benar.

4. Project Manager
Project Manager adalah orang yang bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komando di suatu project tertentu.

5. System Analyst
System Analyst adalah seorang yang tugas utamanya adalah merencanakan rancangan program, bagaimana program tersebut berjalan, tampilannya seperti apa, fungsinya seperti apa, dan sejenisnya.

6. Database Komputer
Database Komputer adalah seorang yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sejenisnya.

7. Teknisi
Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk me-maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.

8. Trainer
Trainer adalah seorang yang mempunyai pengetahuan yang lebih banyak di banding yang lainnya. Trainer ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidang komputer.

9. Konsultan
Konsultan adalah orang yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal dalam bidang komputer.

10. Graphic Designer
Graphic Designer adalah seorang yang mampu menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, dan sebagainya. Graphic Designer bertugas untuk menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh pengguna akhir dalam bentuk desain yang menarik.

11. Spesialis Jaringan
Spesialis Jaringan adalah seorang yang sudah mahir di dunia jaringan komputer. Spesialis jaringan bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan jaringan komputer.

12. End - User (Pengguna Akhir)
End - User atau pengguna akhir adalah pengguna komputer yang tidak mengetahui atau terlibat dalam pembuatan dan pengelolaan program. End - User hanya menggunakan program atau aplikasi yang siap pakai.

Sekian pembahasan dari saya mengenai pengertian Brainware atau pengguna dan jenis - jenisnya. Jangan lupa comment and share, semoga bermanfaat!

3 comments:

  1. Sangat bagus dan menginspirasi
    Kunjungi website kami
    Http://WWW.atmaluhur.ac.id/
    Kunjungi juga blog saya
    https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1066600591231126904#editor/target=post;postID=4730623288680260571

    ReplyDelete
  2. kalo engga salah berarti gua end- user ya bang

    ReplyDelete
  3. As reported by Stanford Medical, It's really the one and ONLY reason this country's women get to live 10 years more and weigh an average of 19 KG lighter than us.

    (Just so you know, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret diet and really, EVERYTHING to "how" they eat.)

    BTW, I said "HOW", and not "WHAT"...

    CLICK this link to discover if this quick test can help you release your true weight loss possibilities

    ReplyDelete